19 Kunci Sangat Penting Meraih Kebahagian Dalam Hidup

Kunci sangat penting meraih kebahagiaan dalam hidup. Seseorang yang mendambakan untuk meraih kebahagiaan sejati dalam hidupnya harus punya prinsip hidup yang benar. Bahagia yaitu pilihan kita. Setiap orang punya pilihan sendiri dan menunjukkan arti masing-masing perihal senang itu. Pada ketika kita mencari kebahagiaan hal utama yang menjadi dasar dan perlu kita perhatikan yaitu bagaimana kita menjalani hari hidup kita mulai dari bangun di pagi hari hingga kita mengakhiri dengan malam.

Jangan kau menambah beban untuk mencapai suatu kebahagiaan, lantaran bila demikian kau akan semakin jauh dari kebahagiaan itu. Kalau kau ingin membahagiakan orang lain; buatlah hati, pikiran, jiwa kau terlebih dahulu senang supaya orang yang kebetulan berada di sisi kau pun ikut merasakannya.

Bahagia bukan cuma terasa menyenangkan tapi sangat besar lengan berkuasa terhadap kesehatan kau mencakup jantung, paru-paru, otak, terutama jiwa kamu. Jangan menciptakan dunia ini penuh dengan ratap tangis, susah. stres, benci. Bebaskan dirimu dari semua hal itu. Kemudian isi dunia kau penuh dengan cinta dan senang supaya ada lebih banyak orang senang dari pada tidak bahagia.
Kunci sangat penting meraih kebahagiaan dalam hidup 19 Kunci Sangat Penting Meraih Kebahagian Dalam Hidup
Kunci bahagia. Pixabay Images
Hanya kau yang sanggup mengubah pikiran dan cara pandang kau untuk memikirkan ha-hal yang positif. Bersihkan pikiranmu dari hal-hal negatif. Perbanyak mengucap syukur. Tersenyumlah lantaran Tuhan masih berikan kau hidup hari ini. Kamu sehat dan sanggup pergi bekerja setiap hari.

Kerapkali orang menghabiskan waktunya dengan emosi jiwa. Dia membiarkan hal-hal jelek menguasai pikirannya, sehingga tidak sanggup melihat kebaikan-kebaikan yang begitu besar. Inilah yang mengekibatkan ia sangat sulit menggapai masa depan atau sebuah kesuksesan yang pantas. Mari genggam semua itu dengan impian dan mimpi-mimpi kau untuk menggapai masa depan.

Bagaimana caranya untuk meraih senang itu? Kamu perlu melaksanakan beberapa hal.

1. Jangan terlalu perdulikan pendapat orang lain

Terkadang kita dibentuk pusing untuk meladeni pendapat orang lain perihal diri kita. Padahal mereka tidak tahu apa sebetulnya yang terjadi dengan diri kita. Cuma luarnya yang mereka tahu. Kaprikornus sebaiknya kau tidak membiarkan apa yang mereka pikirkan melebihi apa yang kau pikirkan perihal dirimu.

2. Dirimu sangat bernilai

Jangan menganggap apa yang kau lakukan selalu tidak ada nilainya bagi orang lain. Menganggap dirimu rendah, dan tidak mempunyai kegunaan seakan-akan kau tidak pernah sanggup melaksanakan suatu hal yang baik dalam hidup ini. Ingat, hanya kau sanggup menciptakan dirimu bernilai di mata orang lain. Lalu jangan hanya berpuas diri dengan apa yang kurang dari yang semestinya kau peroleh.

3. Jangan mengerjakan hal-hal yang sebetulnya kau tidak suka 

Jika kau lakukan apa yang kau suka, maka kau akan bertanya mengapa waktu ini berlalu terlalu cepat? Teruslah mencari apa yang kau sukai dalam hidup ini dan lakukan bukan hanya untuk dirimu saja, tapi orang lainpun sanggup merasakannya. Mulai dari bagun pagi dengan pikiran positif. Katakan bahwa saya sanggup melaksanakan segala sesuatu yang sulit menjadi mudah. Setiap hari yaitu kesempatan yang indah bagiku.

4. Cari tahu sesungguhnya apa yang kau cari dalam hidup ini?

Ada banyak cara yang sanggup kau ambil untuk menggapai kebahagiaan, namun diantara cara itu yaitu cari tahu sesungguhnya apa yang kau ingin dan cari di dalam hidup ini? Tujuan hidupmu apa? Apa target-target yang harus kau capai? Dengan demikian tidak akan membebani hidup kau lantaran kau sudah menyusun kiat-kiat khusus. Tapi ingat ada yang lebih penting dari semua itu, yaitu dirimu sendiri.

5. Kenali bakat yang kau punya 

Setiap orang yang lahir di muka bumi ini sudah dibekali Tuhan dengan talentanya. Untuk itu kenali bakat yang sudah Tuhan taruh di dalam hidupmu. Sesungguhnya bakat yang ada dalam dirimu yaitu kekuatan yang harus kau pakai untuk berkarya. Jangan tenggelamkan bakat kamu. Menjadi berkat bagi orang lain, dan mempunyai kegunaan untuk sesama. Ini kebahagian tersendiri bagi kamu. Lihat, orang lain yang tidak sesempurna dirimu, tapi mereka sanggup melaksanakan banyak hal. 

6. Berbaur dengan komunitas yang bermanfaat 

Kita akan merasa senang bila melihat apa yang kita lakukan berimplikasi baik terhadap orang lain. Salah satu jalan untuk kita sanggup menciptakan orang banyak menikmati kebaikan kita yaitu bergabung dengan organisasi sosial yang bergerak dalam bidang amal. Misalnya kau sanggup menjadi relawan untuk membantu mereka yang menjadi korban musibah atau mengajar orang-orang buta karakter oleh lantaran faktor kemiskinan maka mereka samasekali tidak sanggup mengenyam pendidikan.

7. Jangan terpaku pada masa kemudian kamu

Kerjakan apa yang kau pikirkan ketika ini. Jangan terus tinggal di masa kemudian lantaran kau tidak akan pernah sanggup berdiri dan jauh dari bahagia. Biarkan masa kemudian kau menjadi bahagian hidup. Manis atau pahit semua itu sudah terjadi. Yang perlu kau lakukan yaitu ambil hal-hal baik dan tinggalkan yang buruk. Kamu sudah punya materi pembelajaran hidup.
Jangan pernah mengkhawatirkan hari esok yang belum tentu kau tahu. Tetapi jalanilah hari ini dengan sebaik-baiknya.
Kebanyakan dari kita selalu saja ingat masa lalu, dan membawanya bersama kehidupan ketika ini. Kita pun sangat takut menghadapi masa yang akan datang. Tetapi coba kau betulkan pikiranmu bahwa mestinya yang kau pikirkan yaitu hari ini. Karena hari esok punya kesulitan tersendiri yang mungkin saja tidak akan pernah terjadi ibarat apa yang kita bayangkan.

8. Lepaskan rasa takut, rasa bersalah yang selalu menghantui dirimu

Hidup dengan rasa takut dan rasa bersalah menciptakan kau jauh dari rasa tenang dan senang. Apalagi ketakutan perihal apa yang belum tentu terjadi. Takut gagal, padahal kau belum pernah mencoba. Takut mati, padahal umur seseorang hanya di tangan Tuhan. Takut menciptakan kesalahan dan dihakimi orang lain. Akhirnya semua ketakutan itu menjadi penghalang untuk kau mewujudkan masa depan kamu. Tidak sanggup menyebarkan potensi diri. Karier kau pun tidak maju. Jika kita sudah sanggup singkirkan rasa takut, maka hasilnya kita akan menemukan kebahagiaan yang pantas.

9. Kamu harus sanggup mendapatkan kenyataan yang ada dengan lapang dada

Banyak orang tidak sanggup mendapatkan kenyataan, apalagi bila itu hal yang tidak menyenangkan. Seharusnya kau berbesar hati mendapatkan semua kenyataan hidup yang kau jalani; baik atau buruk, senang atau tidak. Hadapilah, bukan mustahil kau sanggup mengubahnya menjadi lebih baik.

10. Bertanggung jawab atas dirimu

Jika kau tidak sanggup bertanggung jawab terhadap dirimu, maka kau cenderung menjadi seorang yang tidak disiplin, dan tidak sanggup diharapkan. Orang lain akan terus-menerus mendikte diri kamu. Mulai dari hal-hal kecil. Seseorang yang bertanggung jawab terhadap hidupnya tidak seenaknya menyalahkan orang lain atas kegagalan yang ia hadapi. Orang yang mau bertanggung jawab atas dirinya menunjukkan rasa bahagia.

11. Jujur terhadap diri sendiri

Pegang kejujuran dalam hidup kau lantaran orang akan menunjukkan kepercayaan besar untuk kamu. Langkah awal dari kebahagiaan yang tidak diduga. Ksmu akan jalani hidupmu tanpa beban. Kamu tidak perlu bersusah payah menggunakan topeng kebohongan.

13. Tersenyum dan jangan selalu cemberut

Hati yang gembira yaitu obat bagi jiwa. Sebuah senyuman kecil sanggup mencairkan suasana tegang dan mendamaikan. Setiap orang menjadi betah berada di samping kamu. Coba bayangkan bila dari pagi hingga soreh kau tidak pernah tersenyum. Betapa tersiksanya dirimu bukan? Senyum juga sanggup menciptakan muka kau abadi muda. Tidak cepat berkerut lantaran cemberut. Senyum juga sanggup mengendorkan urat saraf kamu.

14. Hitunglah berkatmu yang sudah Tuhan berikan

Jadilah orang yang selalu menghargai apa yang sudah kau peroleh. Banyak berkah yang kau terima setiap hari yaitu sumbangan Tuhan semata. Kebanyakan orang sanking sering menerima berkat yang melimpah membuatnya lupa dan menggap itu hal biasa saja. Hitung berkatmu satu-satu dan mengucap syukur setiap waktu. Kamu akan merasa hidupmu bermakna dengan membiasakan diri bersyukur.

15. Terima apa yang kau rasakan

Rasa sedih, hancur, sakit itu bahagian dari kehidupan di dunia ini. Menerima apa yang kau rasakan ketika ini yaitu langkah utama menuju kebahagiaan kamu. Mungkin kau kecewa, sakit hati terhadap seseorang yang sudah melukai hatimu di masa lalu. Terimalah, dengan demikian itu akan membantu kau melihat akar penyebab kau sakit hati dan kecewa, sehingga kau sanggup berdiri untuk menemukan hidup yang lebih bermakna.

16. Jauhkan kebencian dari diri kamu

Menyimpan akar pahit dalam hati kau akan menghancurkan rasa cinta dan kasih terhadap sesama. Itu akan bermetamorfosis dendam. Kamu tidak sanggup melaksanakan kebaikan tapi yang ada yaitu kebencian. Kamu tidak sanggup mengerti apa itu kasih dan sayang.
Orang yang menanamkan kebencian dalam hidupnya menjauhkan persahabatan dan mendekatkan permusuhan

17. Biasakan diri kau untuk mengucap terima kasih

Mengapa kata terima kasih sangat berat dan mahal keluar dari verbal kita? Ajarkan kepada diri kau untuk mengucap terima kasih untuk hal-hal kecil. Dengan begitu kau sanggup menghargai apapun sumbangan orang lain, dan mereka merasa berharga. Meski tersa biasa-biasa saja, atau tidak seistimewa yang kau punya. Kamu niscaya senang melihat orang lain berbahagia.

18. Bersukacitalah dalam kesederhanaan

Sukacita seperi bergembira sanggup menyegarkan tulang-tulang kita, lantaran sukacita yaitu obat yang mujarab bagi hati kita yang luka. Sukacita sanggup diekstrasi dalam hal-hal sangat fundamental dalam hidup; kesenangan sederhana dan momen-momen hebat. Kebahagiaan sesungguhnya bersal dari kualitas bukan kuantitas, hal-hal sederhana yang tidak berlebihan. Saat hidup kita dan lingkungan dimana kita berada diisi penuh banyak sekali macam hal, maka kita niscaya akan mersa tertekan dan stres yang alhasil hidup jauh dari rasa bahagia.

19. Melakukan kebaikan dalam hidupmu setiap hari

Satu kali kau melaksanakan kebaikan akan menularkan kepada lima orang di sekitar kamu. Maka teruslah melaksanakan kebaikan tanpa pamrih biar dunia ini penuh terisi oleh orang-orang baik. Katakan sesuatu yang baik kepada sahabat, pacar, rekan kerja atau anggota keluarga dan tunjukkan penghargaan kepada orang-orang di sekitar kamu. Ini yaitu cara yang elok untuk memulai mengakui kebaikan dalam diri kau dan merefleksikannya dalam diri orang lain.

Selain 19 kunci yang sangat penting di atas, kau juga harus melaksanakan beberapa hal di bawah ini

  • Merefleksikan diri untuk hal-hal positif
  • Menjaga kebahagiaan dalam hidup
  • Sebisa mungkin mengelola konflik dalam hidup kamu
  • Belajar mendengarkan dengan baik
  • Tidak selalu bertengkar dengan hal-hal sepele
  • Ciptakan selalu pikiran positif dan bahagia
  • Jangan tetapkan beban terlalu tinggi 
  • Tetapkan diri untuk menjadi seseorang yang sukses bukan gagal
  • Tidak mencoba untuk mengendalikan semua orang lantaran kau merasa bisa
  • Jadilah diri sendiri
  • Mengelola waktu dengan baik
  • Tidak selalu menyalahkan diri sendiri
  • Maafkan diri kamu

Demikianlah artikel perihal 19 kunci sangat penting meraih kebahagiaan dalam hidup. Selamat menggapai kebahagiaan.

Post a Comment

0 Comments