13 Manfaat Sehat Makan Pisang Yang Menakjubkan

13 Manfaat sehat makan pisang yang menakjubkan. Makan pisang setiap hari dan Anda akan terheran-heran melihat perubahan kesehatan tubuh Anda. Untuk urusan makan pisang saya pikir sudah menjadi kebiasaan kita. Bukan lagi hal baru, lantaran pisang sudah dikenal di seluruh penjuru bumi ini. Buah yang menawarkan sejuta manfaat bagi kesehatan kita.

Buah ini diciptakan Tuhan untuk dinikmati seluruh umat manusia. Orang kaya hingga pada yang miskin, lantaran buah ini sanggup dijangkau di pasar tradisional. Harganya juga relatif murah. Tidak perlu repot makan pisang. Kupas kulitnya dan eksklusif dimakan.

Saya punya tips untuk Anda, simpan pisang di daerah yang sejuk. Sebaiknya pisang dimakan tidak terlalu matang semoga rasanya tidak berubah. Ada yang namanya pisang tanduk. Pisang ini sangat manis untuk mereka yang punya sakit maag dan asam lambung. Jika sudah matang dan diletakkan di dalam kulkas, maka rasanya ibarat ice cream. Silahkan Anda coba.

Di Indonesia, Anda bisa temukan banyak sekali jenis pisang bila Anda ke pasar atau ke mall. Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Bikin kolak, brownis kukus pisang, es pisang ijo [ice pisang hijau], kripik, digoreng atau dipanggang dan ditaburkan dengan susu, keju, meses. Aduh, saya hingga ngiler membayangkannya.
 Manfaat sehat makan pisang yang menakjubkan 13 Manfaat Sehat Makan Pisang Yang Menakjubkan
Buah pisang. Morguefile images
Nutrisi hebat yang bisa kita dapatkan dari pisang
Untuk ukuran satu porsi pisang [126 gram pisang] terdapat 110 kalori, 30 gram karbohidrat. Pisang penuh dengan serat makanan, kalium dan protein. Dijamin tidak berlemak dan berkolesterol. Makan pisang yaitu pilihan terbaik bagi setiap orang. Sudah niscaya vitamin dan nutrisi penting ada dalam buah ini. Vitamin C, B6, folat, niacin, riboflavin, zat besi. Tidak ketinggalan juga mineralnya ibarat tembaga, mangan, fosfor dan kalsium.

Anda niscaya heran kan kalau pisang ada seratnya? Jika demikian, jangan lupa sediakan pisang di meja makan untuk dinikmati seluruh keluargamu pagi, siang atau malam dan lihatlah manfaat sehatnya di bawah ini.

1.Memudahkan buang air besar

Anda seringkali susah buang air besar [BAB]? Makan pisang solusinya. Jangan makan obat ya, lantaran pisang punya imbas pencahar sebagai pencegah banyak sekali jenis regangan dan membantu menyembuhkan wasir. Makan pisang BAB lancar jaya.

2. Membuat jantung Anda sehat

University of Leeds di Inggris telah melaksanakan penelitian dan memperlihatkan bahwa makan pisang sanggup membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskular. Hal ini lantaran pisang mengandung serat yang tinggi.

3. Penderita anemia? konsumsi pisang

Ciri-ciri penderita anemia yaitu muka pucat, merasa lelah dan sesak napas. Sedangkan anemia itu sendiri yaitu menurunnya jumlah sel darah merah yang sering kita kenal dengan sebutan hemaglobin [HB] dalam darah. Pisang melimpah dengan zat besi dan tembaga. Inilah yang merupakan hal terpenting dalam membangun sel darah merah.

4. Menurunkan acara radikal bebas dalam tubuh

Selain buah pisang, bunga pisang juga punya manfaat penting. Kandungan metanol pada bunga pisang ini diketahui punya sifat antioksidan tinggi yang sanggup menangkal radikal bebas penyebab kerusakan dalam tubuh kita sehingga memnyebabkan banyak sekali penyakit salah satunya yaitu penuaan dini dan beberapa jenis kanker.

5. Membantu meningkatkan kesehatan pada mata

Buah ini dikemas dengan karotenoid dan antioksidan, vitamin A, mineral dan nutrisi penting yang mana berperan besar untuk meningkatkan kesehatan mata kita. National Institute of Health mencatat bahwa vitamin A punya senyawa yang sanggup melindungi membran di sekitar mata kita dan elemen dalam protein pembawa cahaya ke kornea. Jika kita mengkonsumsi pisang rutin dalam jumlah normal divariasikan dengan buah-buahan lain serta sayuran, maka sedikit kemungkinan untuk kita mengalami katarak, degenerasi makula dan glaukoma.

6. Tekanan Darah

Seperti kita ketahui bahwa, pisang mengandung rendah garam sementara kaliumnya tinggi. Sifat inilah yang menciptakan pisang menjadi ideal untuk dikonsumsi mereka dengan kondisi tekanan darah tinggi. Namun bukan berarti Anda tidak pergi ke dokter untuk berkonsultasi atau mendapat penanganan yang sempurna dari dokter. Karena pisang hanya membantu.

7. Pisang membantu meningkatkan energi

Mengkonsumsi pisang sanggup lebih efektif membatu menawarkan energi dan elektrolit bagi tubuh kita dibandingkan dengan minuman olahraga. Memang benar, kerena Ia tidak mempunyai kolesterol dan lemak. Kemudian terdapat tiga gula alami yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa. Dengan demikian pisang paling cocok dimakan oleh atlet dan bawah umur setelah mereka berolahraga. Bahkan tidak jarang juga kita melihat para atlet makan pisang di sela-sela pertandingan mereka. Dopamin dan serotonin dalam pisang membantu meningkatkan antioksidan para atlet tersebut.

8. Bantu Penurunan Berat Badan

Jika Anda sedang melaksanakan acara diet, Jangan lupa memasukkan pisang dalam daftar sajian diet Anda lantaran pisang mempunyai kurang lebih 90 kalori, dan tinggi serat sehingga Anda tidak akan cepat merasa lapar dan terhindar dari makan porsi jumbo. Serat larut dan tidak larut yang dimiliki pisang berfungsi untuk memperlambat pencernaan, sehingga kita merasa kenyang dalam waktu yang lama. Tukarkan sarapan karbohidrat Anda ibarat nasi dengan pisang semoga sanggup menurunkan berat tubuh Anda, namun harus tetap berkonsultasi dengan jago gizi.

9. Membantu menjaga tulang semoga tetap kuat

Kalsium merupakan unsur penting dalam menyehatkan dan menguatkan tulang. Banyak orang menentukan mendapat kalsium dengan cara membeli sebuah produk di toko [susu yang mengandung kalsium]. Namun kalsium tidak hanya bisa didapat dari susu saja. Ada beberapa buah atau sayuran yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium kita secara alami, antara lain pisang. Ada artikel penting yang dituliskan di Journal of Physiology and Biochemistry, pada tahun 2009, mengenai kandungan Prebiotik, fructooligosaccharide yang banyak dalam buah pisang. Mereka yaitu kuman menguntungkan di dalam akses pencernaan kita. Membantu memampukan tubuh kita untuk menyerap kalsium. Makara mengapa kita tidak makan pisang ditambah dengan buah atau sayuran?

10. Membantu meningkatkan pasokan air susu

Seringkali problem tiba pada ibu yang gres melahirkan anak pertamanya yaitu air susu [ASI] sangat sedikit, sehingga belum apa-apa mereka sudah menggantikan dengan memberi susu tunjangan [susu instan untuk bayi]. Jangan terburu-buru dulu, coba Anda atasi dengan makan bunga pisang dan jangan lupa divariasi dengan buahnya. Semoga sanggup membantu.

11. Perlindungan terhadap kanker ginjal

Sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2005 di Swedia, memperlihatkan bahwa, perempuan yang makan buah-buahan segar sebanyak 75 porsi ke atas divariasikan dengan sayuran segar sanggup membantu meminimalkan ia terhindar dari risiko kanker ginjal hingga 40 persen.

12. Memberikan proteksi bagi kulit terhadap sinar UV yang merusak

Jika kita makan pisang rutin dengan jumlah yang tidak berlebihan maka itu membantu melindungi kulit tubuh kita juga sel-sel yang lain dari radikal bebas yang merusak. Mangan yang terkandung dalam pisang sangat mempunyai kegunaan untuk kulit kita. Kulit kita jadi lembab dan tidak kering.

13. Bermanfaat untuk mereka dengan kondisi diabetes tipe-1 dan tipe-2

Peran penting dari serat larut dan tidak larut untuk kesehatan tubuh kita. Adapun fungsi dari serat larut yaitu membantu mengatur gula darah dan memindahkan zat-zat yang lemak kolesterol jahat [LDL]. Kemudian serat yang tidak larut menciptakan tinja [kotoran] menjadi simpel pada ketika kita buang air besar [BAB]. Serat larut dan tidak larut ini juga sangat mempunyai kegunaan bagi mereka yang mengalami diabetes tipe-1 dan tipe-2.
 Manfaat sehat makan pisang yang menakjubkan 13 Manfaat Sehat Makan Pisang Yang Menakjubkan
Pisang tanduk. Images via buahku.wordpres.com
Ini beliau pisang tanduk yang setiap hari saya makan. Buahnya ibarat tanduk kerbau, sesuai namanya. Meski berjulukan tanduk tapi ini orisinil jenis buah pisang yang sangat enak. Kalau matangnya tidak diperam, luarbiasa manis. Harga per buah rata-rata di pasar Rp 5000,- . Kalau di mall lebih mahal. Saya sarankan Anda beli saja di pasar. Lebih murah dan kualitasnya sama. Karena lambung saya cendrung sensitif, asam lambung, maka satu-satunya pisang yang bisa saya makan yaitu pisang tanduk. Konsumsi Satu buah per hari. Selain obat, pisang ini juga punya sejuta manfaat sehat. Saya tidak menguraikan panjang lebar ihwal pisang tanduk ini lantaran ia mempunyai khasiat yang tidak jauh beda dengan pisang lainnya.

Manfaat sehat lain dari makan pisang
1. Anti peradangan dan iritasi
2. Dapat meningkatkan berat tubuh bila di makan dengan susu
3. Di pakai sebagai antasid untuk mengobati sakit perut
4. Membantu seseorang tidur pulas
5. Melestarikan memori dan Meningkatkan suasana hati
6. Dapat menenangkan perut
7. Membantu mengurangi gangguan menstruasi [bunga pisang]
8. Membantu mengobati infeksi ringan [bunga pisang]
9. Membantu meringankan ketegangan pada ginjal
10. Membantu mengurangi osteoporosis
11.Membantu membangun metabolisme tubuh
12. Menghambat pertumbuhan benalu malaria plasmodium falciparum [ekstrak bunga pisang]
13. Membatu mencegah kanker kolorektal
14. Konsumsi pisang teratur bisa meminimalkan risiko stroke hingga 20 persen [Menurut jurnal American Heart Associatio.

Perhatikan imbas samping dari buah pisang

1.Makan pisang berlebihan bisa menimbulkan mengantuk
Sebanarnya tidak problem makan pisang dan tidak punya imbas samping yang signifikan tetapi bila Anda makan dalam jumlah besar [misalnya Anda makan pisang satu tandan] dalam waktu singkat maka Anda sudah bisa bayangkan apa yang akan terjadi. Efek ringannya mungkin Anda mengantuk, tidak sanggup bernapas dengan lega, perut bengkak. Efek beratnya Anda jawab sendiri.

2. Pisang punya kadar potasium tinggi
Mereka yang punya penyakit tekanan darah tinggi dan jantung harus berkonsultasi dengan dokter bila ingin memasukan buah pisang dalam sajian diet kesehariannya, lantaran obat-obatan tertentu yang dikonsumsi untuk penyakit tersebut bisa meningkatkan kalium dalam tubuh, meliputi diuretik dan beta-blocker.

3. Alergi
Tidak begitu terdengar makan pisang menimbulkan alergi. Namun bagi orang yang memang alergi sama pisang, mungkin saja bisa terjadi gatal-gatal, migren, mengi pada ekspresi dan tenggorokan. sebaiknya Anda yang sering mengalami migren, tidak mengkonsumsi pisang secara rutin atau jangan konsumsi pisang lebih dari setengah buah dalam satu hari.

4. Distress gastrointestinal:
Meskipun pisang baik untuk kesehatan, tetapi bila Anda makan pisang dalam jumlah yang tidak terkontrol maka bisa menimbulkan gangguan gastrointestinal ibarat perut terasa kembung, gas dan perut kram.

Demikianlah artikel ihwal 13 manfaat sehat makan pisang yang menakjubkan.

Post a Comment

0 Comments